Home » » Bagi Masker Di Pontianak

Bagi Masker Di Pontianak

Written By Admin on Jumat, 11 Oktober 2013 | 05.37

Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, Selasa, membagikan masker secara gratis di tiga titik perempatan di kota itu, karena dalam beberapa hari terakhir kota itu mulai diselimuti kabut asap. "Kami hari ini membagikan sebanyak empat ribu masker secara gratis di tiga titik, yakni di Bundaran Tugu Digulis Untan, perempatan Jalan Tanjungpura, dan Jalan Ahmad Yani," kata Staf BLH Kota Pontianak, Bila, di Pontianak, Selasa.

Ia menjelaskan, pembagian masker secara gratis itu dilakukan agar para pengguna kendaraan roda dua khususnya menggunakan masker apabila mengendarai kendaraannya. "Pembagian masker secara gratis ini, minimal mendorong warga Kota Pontianak untuk menggunakan masker sewaktu keluar rumah, apalagi para pengguna kendaraan roda dua yang cukup rentan menghirup udara yang tidak sehat karena bercampur kabut asap yang disertai partikel debu sisa-sisa pembakaran lahan," ujarnya.

Menurut dia, penggunaan masker cukup efektif mengurangi masuknya udara yang tidak sehat melalui mulut dan hidung. "Kami mengimbau kepada warga Kota Pontianak untuk menggunakan masker, sewaktu akan keluar rumah, baik pada malam hari dan siang hari," kata Bila.

Sebelumnya, Koordinator Posko Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Barat, Jaman Prayogi menyatakan, pihaknya memantau ada sekitar 143 titik api yang tersebar di beberapa kabupaten/kota provinsi itu, Senin, terbanyak di Kabupaten Sintang dan Kabupaten Kubu Raya.

Jaman menyatakan, dari pantauan di lapangan, rata-rata titik api tersebut banyak ditemukan berasal dari pembakaran lahan pertanian dari masyarakat, karena sudah seminggu lebih Kalbar umumnya tidak diguyur hujan, sehingga dimanfaatkan petani untuk membersihkan lahan pertanian mereka.

Sementara itu, data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Supadio Pontianak, Sabtu (5/10) mencatat ada sekitar 80 titik api yang tersebar 12 kabupaten/kota di Kalbar, yakni terbanyak di Kabupaten Sintang sebanyak 22 titik api, disusul Kubu Raya 20 titik api, Sanggau 9 titik api, Kayong Utara enam titik api, Kapuas Hulu dan Kabupaten Pontianak masing-masing lima titik api.

Kemudian, Kabupaten Bengkayang, Sekadau, dan Ketapang masing-masing tiga titik api, Melawi dua titik api, Landak dan Kota Pontianak masing-masing satu titik api. Hujan cukup lebat, sempat menguyur Kota Pontianak dan sekitarnya, Senin sore, sehingga kabut asap yang sempat menyelimuti Kota Pontianak sedikit berkurang.

0 komentar: